Belajar StatistikStatistisiJasa Olah Data

Pahami Jenis-Jenis Data untuk Memudahkan Analisa Data

By Admin Restat
Published in Metode Penelitian
March 31, 2023
3 min read
Punya masalah analisis data? Konsultasikan Sekarang

Jenis Data Penelitian

Memahami jenis data yang digunakan dalam suatu penelitian atau analisis sangat penting untuk menentukan metode statistik yang akan dipakai dan hasilnya dapat diinterpretasikan dengan benar. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas secara rinci tipe-tipe data, perbedaan antara tipe data, serta contoh penerapan jenis data dalam penelitian.

Secara umum jenis data di golongkan menjadi 3 yaitu berdasarkan skala pengukuran, berdasarkan waktu pengumpulan data, dan jumlah variabel.

Jenis-Jenis Data

1. Jenis Data Berdasarkan Skala Pengukuran

Dalam statistik, data dapat dikelompokkan ke dalam empat level pengukuran yang berbeda, yaitu nominal, ordinal, interval, dan ratio. Setiap level pengukuran memiliki karakteristik dan jenis analisis statistik yang berbeda-beda.

  • Data Nominal

Data nominal adalah tipe data yang hanya mempunyai kategori atau label tanpa urutan atau nilai numerik. Contoh data nominal adalah jenis kelamin, agama, warna, dan sebagainya. Analisis statistik yang tepat untuk data nominal adalah uji chi-square, uji Fisher, atau uji G-test.

Data ordinal adalah tipe data yang memiliki kategori dengan urutan atau tingkatan. Contoh data ordinal adalah tingkat pendidikan,ranking dikelas, atau tingkat kepuasan pelanggan. Data ordinal dapat diurutkan, namun tidak dapat dilakukan operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian. Analisis statistik yang tepat untuk data ordinal adalah uji chi-square, uji Kruskal-Wallis, atau uji Mann-Whitney.

Data interval adalah tipe data yang memiliki kategori atau label dengan urutan dan jarak antar kategori yang sama. Contoh data interval adalah suhu dalam skala Celcius atau Fahrenheit, waktu, dan sebagainya. Data interval memiliki nol absolut, namun tidak memiliki nol relatif. Analisis statistik yang tepat untuk data interval adalah uji t-test, uji ANOVA, atau uji regresi linear.

Data ratio adalah tipe data yang memiliki kategori atau label dengan urutan dan jarak antar kategori yang sama serta memiliki nol absolut dan nol relatif. Contoh data ratio adalah usia, berat badan, tinggi badan, dan sebagainya. Analisis statistik yang tepat untuk data ratio adalah uji t-test, uji ANOVA, atau uji regresi linear.

2. Jenis Data Berdasarkan Waktu Pengumpulannya

Dalam pengumpulan data, selain faktor level pengukuran seperti nominal, ordinal, interval, dan ratio, waktu pengumpulan data juga menjadi faktor penting dalam menentukan jenis data yang akan digunakan dalam analisis data. Tipe data yang berdasarkan waktu pengumpulan dapat dibagi menjadi tiga, yaitu cross-section, time series, dan panel data.

Cross-section data adalah tipe data yang dikumpulkan pada suatu titik waktu tertentu pada sekelompok individu. Data ini dapat digunakan untuk menganalisis perbedaan antara individu dalam suatu waktu tertentu. Contohnya adalah data survei pendapat publik yang dilakukan pada sekelompok responden di suatu waktu tertentu. Analisis Statistik yang cocok dengan data ini contohnya analisis regresi liner, anova, t-test

Time series data adalah tipe data yang dikumpulkan secara berkesinambungan pada satu variabel atau lebih dalam suatu periode waktu tertentu. Data ini dapat digunakan untuk menganalisis perubahan variabel dari waktu ke waktu. Contohnya adalah data mengenai harga saham yang dikumpulkan setiap harinya dalam satu tahun. Analaisis statistik yang cocok dengan data time series bisa menggunakan ARIMA, SARIMA, dan VAR

Panel data adalah tipe data yang menggabungkan cross-section data dan time series data, yaitu data yang dikumpulkan pada sekelompok individu atau unit analisis secara berkesinambungan dalam periode waktu tertentu. Data ini dapat digunakan untuk menganalisis perubahan variabel dari waktu ke waktu pada setiap individu atau unit analisis. Contohnya adalah data mengenai pendapatan individu dalam suatu keluarga yang dikumpulkan setiap tahun selama beberapa tahun. Analisis Statistik yang cocok dengan data panel adalah analisis regresi data panel

3. Jenis Data Berdasarkan Jumlah Variabel

Dalam analisis data, terdapat berbagai tipe data yang dapat digunakan, salah satunya adalah berdasarkan kompleksitas data, yaitu univariate, bivariate, dan multivariate. Tipe data ini mengacu pada jumlah variabel yang digunakan dalam analisis data.

Univariate data mengacu pada analisis data yang hanya menggunakan satu variabel. Tipe data ini sangat berguna untuk memperoleh gambaran keseluruhan tentang variabel yang diamati, seperti distribusi frekuensi, mean, median, modus, dan variasi. Univariate data sering digunakan dalam analisis statistik dasar seperti statistik deskriptif.

Bivariate data mengacu pada analisis data yang menggunakan dua variabel. Dalam analisis bivariate, hubungan antara dua variabel diamati dan diukur menggunakan koefisien korelasi atau regresi. Bivariate data sering digunakan dalam penelitian sosial dan ekonomi.

Multivariate data mengacu pada analisis data yang menggunakan lebih dari dua variabel. Multivariate data dapat digunakan untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang hubungan antara beberapa variabel. Contoh analisis multivariate meliputi analisis faktor, analisis diskriminan, dan regresi berganda.

Contoh Penerapan

Setelah anda paham dengan jenis data yang anda gunakan, sekarang kita akan mempraktekan untuk mengidentifkasi jenis data yang digunakan dalam penelitian.

Kasus penelitian:

Sebuah perusahaan ingin mengetahui pengaruh iklan terhadap penjualan produk mereka. Mereka mengumpulkan data mengenai jumlah uang yang dihabiskan untuk iklan dan jumlah penjualan produk selama beberapa bulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara uang yang dihabiskan untuk iklan dan jumlah penjualan produk.

Data berdasarkan level pengukuran

Jumlah uang untuk iklan dan Jumlah penjualan produk memiliki nol absolute maka tipe data tersebut adalah ratio

Data berdasarkan waktu pengumpulan data

Jumlah uang untuk iklan dan Jumlah penjualan produk dikumpulan dalam waktu yang berdekatan maka digolongkan cross-section data

Data berdasarkan jumlah variabel

Jumlah variabel yang kita gunakan dalam penelitian ini hanya 2, maka dapat kita golongkan data kita bivariate

Setelah anda mengetahui jenis data penelitian anda, selanjutnya kita akan belajar tentang cara menentukan metode statistik yang tepat digunakan. Karena metode statistik sangat bergantung pada jenis data yang kita miliki.

Punya masalah analisis data? Konsultasikan Sekarang

Previous Article
Cara Menentukan Jumlah Sampel Penelitian dengan Slovin

Table Of Contents

1
Jenis Data Penelitian
2
Jenis-Jenis Data
3
Contoh Penerapan

Related Posts

Hipotesis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif
May 02, 2023
2 min
ReStat © 2024, All Rights Reserved.