Langkah-langkah analisis Anova di artikel uji Anova satu arah SPSS telah membuat Anda mengetahui cara mendapatkan output anova satu arah dengan SPSS. Lalu, apa arti dari output tersebut? Apa artinya? Bagaimana cara membacanya?
Pertama kita harus memahami hipotesis yang akan di jawab oleh uji anova satu arah. Hipotesis uji anova satu arah sebagai berikut:
H0 : rata-rata antara kelompok satu dan kelompok lainnya tidak memiliki perbedaan (P-value > 0.05)
H1 : minimal terdapat satu kelompok yang memiliki rata-rata yang berbeda dibandingkan dengan kelompok lainnya (P-value < 0.05)
Pada output SPSS akan ditampilkan hasil sebagai berikut
Sebelum kita membahas lebih lanjut hasil uji anova, pertama kita harus menganalisa karakteristik dari data yang kita analisis. Karakteristik umum yang bisa kita analisa adalah rata-rata nilai ujian pada setiap metode pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk mengetahui indikasi awal besar kecilnya perbedaan rata-rata pada setiap metode pembelajaran.
Rata-rata nilai ujian pada kelas dengan metode pembelajaran 1 adalah 74.6, sedangkan metode pembelajaran 2 adalah 83.77 serta metode pembelajaran 3 adalah 91.94.
Dari hasil analisa deskriptif ini, artinya terdapat perbedaan nilai ujian pada setiap metode pembelajaran. Untuk mengetahui perbedaannya signifkan atau tidak, maka kita perlu mengujinya menggunakan Anova. Sebelum pengujian Anova, data yang di analisis harus memenuhi syarat dari uji Anova.
Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa nilai p-value adalah 0.115 atau lebih besar dari nilai alpha 5%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan dengan tingkat signifikansi alpha 5% maka dapat dikatakan bahwa varians nilai ujian pada ketiga kelas adalah sama.
Dapat disimpulkan bahwa data yang kita analisis memenuhi asumsi uji Anova, sehingga kita bisa melanjutkan ke pengujian Anova.
Berdasarkan tabel Anova di atas dilihat nilai p-value adalah 0.000 atau lebih kecil dari alpha 5%. Dengan demikian keputusan pengujian adalah tolak H0 yaitu minimal terdapat satu kelas yang memiliki rata-rata nilai ujian yang berbeda dibandingkan dengan kelas lainnya atau dapat dikatakan terdapat perbedaan nilai rata-rata nilai ujian yang signifikan antara kelas dengan metode pembelajaran 1, metode pembelajaran 2 dan metode pembelajaran 3.
Punya masalah analisis data? Konsultasikan Sekarang