Belajar StatistikStatistisiJasa Olah Data

Interpretasi Uji One Way Anova di SPSS

By Kadek Aris S.Tr.Stat
Published in Interpretasi Hasil
March 24, 2023
1 min read
Punya masalah analisis data? Konsultasikan Sekarang

Interpretasi Uji One Way Anova

Langkah-langkah analisis Anova di artikel uji Anova satu arah SPSS telah membuat Anda mengetahui cara mendapatkan output anova satu arah dengan SPSS. Lalu, apa arti dari output tersebut? Apa artinya? Bagaimana cara membacanya?

Pertama kita harus memahami hipotesis yang akan di jawab oleh uji anova satu arah. Hipotesis uji anova satu arah sebagai berikut:

H0 : rata-rata antara kelompok satu dan kelompok lainnya tidak memiliki  perbedaan (P-value > 0.05)

H1 : minimal terdapat satu kelompok yang memiliki rata-rata yang berbeda dibandingkan dengan kelompok lainnya (P-value < 0.05)

Langkah Uji One Way Anova

  1. Statistik Deskriptif
  2. Pengujian Asumsi Anova
  3. Kesimpulan Uji Anova

Cara Membaca Tabel Anova

Pada output SPSS akan ditampilkan hasil sebagai berikut

1. Statistik Deskriptif

Sebelum kita membahas lebih lanjut hasil uji anova, pertama kita harus menganalisa karakteristik dari data yang kita analisis. Karakteristik umum yang bisa kita analisa adalah rata-rata nilai ujian pada setiap metode pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk mengetahui indikasi awal besar kecilnya perbedaan rata-rata pada setiap metode pembelajaran.

interpretasi uji anova spss
interpretasi uji anova spss

Rata-rata nilai ujian pada  kelas dengan metode pembelajaran 1 adalah 74.6, sedangkan metode pembelajaran 2 adalah  83.77 serta metode pembelajaran 3 adalah 91.94. 

Dari hasil analisa deskriptif ini, artinya terdapat perbedaan nilai ujian pada setiap metode pembelajaran. Untuk mengetahui perbedaannya signifkan atau tidak, maka kita perlu mengujinya menggunakan Anova. Sebelum pengujian Anova, data yang di analisis harus memenuhi syarat dari uji Anova.

2. Uji Asumsi Anova

Tabel Test of Homogeinity of Variances 

interpretasi uji anova spss
interpretasi uji anova spss

Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa nilai p-value adalah 0.115 atau lebih besar dari nilai  alpha 5%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan dengan tingkat signifikansi alpha 5% maka  dapat dikatakan bahwa varians nilai ujian pada ketiga kelas adalah sama. 

Dapat disimpulkan bahwa data yang kita analisis memenuhi asumsi uji Anova, sehingga kita bisa melanjutkan ke pengujian Anova.

Uji One Way Anova

interpretasi uji anova spss
interpretasi uji anova spss

Berdasarkan tabel Anova di atas dilihat nilai p-value adalah 0.000 atau lebih kecil dari alpha 5%.  Dengan demikian keputusan pengujian adalah tolak H0 yaitu minimal terdapat satu kelas yang  memiliki rata-rata nilai ujian yang berbeda dibandingkan dengan kelas lainnya atau dapat  dikatakan terdapat perbedaan nilai rata-rata nilai ujian yang signifikan antara kelas dengan  metode pembelajaran 1, metode pembelajaran 2 dan metode pembelajaran 3.

Punya masalah analisis data? Konsultasikan Sekarang

Previous Article
Cara Uji One Way Anova di SPSS

Table Of Contents

1
Interpretasi Uji One Way Anova
2
Langkah Uji One Way Anova
3
Cara Membaca Tabel Anova

Related Posts

Interpretasi Chi Square di SPSS
March 24, 2023
1 min
ReStat © 2024, All Rights Reserved.