Belajar StatistikStatistisiJasa Olah Data

Cara Mudah Mendapatkan Data Penelitian dan Contoh Penerapannya

By Admin Restat
Published in Metode Penelitian
March 31, 2023
4 min read
Punya masalah analisis data? Konsultasikan Sekarang

Data menjadi elemen penting dalam penelitian , baik untuk penelitian kualitatif maupun kuantitatif. Dalam artikel ini kita akan fokus membahas sumber data untuk penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian digunakan untuk memvalidasi hipotesis, mengetahui kesimpulan, dan memberikan jawaban pertanyaan penelitian. Oleh karena itu, memperoleh data yang akurat dan tepat sangatlah penting dalam menjalankan sebuah penelitian.

Cara Medapatkan Data Penelitian

Dalam penelitian mendapatkan data adalah salah satu hal yang akan banyak menyita waktu. Karena dituntut untuk mendapatkan data yang reliable dan cocok untuk penelitian kita. Pada dasarnya, data yang akan kita gunakan dalam penilitian harus dapat menggambarkan keadaan sebenarnya dari subjek yang diteliti.

Berikut adalah langkah umum yang harus kita lakukan dalam pengumpulan data.

  • Pertama, kita harus menentukan pertanyaan penelitian atau bisa kita definisikan sebagai hipotesis.
  • Kedua, menentukan subjek penelitian dan jumlah observasi yang cukup.
  • Ketiga, kita harus menentukan sumber data penelitian yang akan kita gunakan. Sumber data penelitian dibagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder.

Contoh Penerapannya

  1. Tujuan Penelitian: Faktor-faktor yang mempengarui harga saham Tahun 2020-2022

    • Hipotesis:

      • Semakin besar pendapatan suatu perusahaan semakin tinggi harga sahamnya
      • Semakin besar dividen yang diberikan semakin meningkat harga saham
    • Subjek Penelitian: Perusahaan Publik di Indonesia

    • Jumlah Observasi: Data perusahaan dan tahunnya, minimal 30 observasi (3 tahun dan 10 perusahaan)

  2. Tujuan Penelitian: Bagaimana cara meningkatkan pemahaman siswa paud dalam belajar

    • Hipotesis: Metode Studi Kasus dapat meningkatkan pemahaman siswa di banding metode konvensional (ceramah)
    • Subjek Penelitian : Siswa Paud Kartini
    • Jumlah Observasi : Minimal 30 siswa untuk masing-masing metode (2 metode x 30 siswa = 60 siswa)
  3. Tujuan Penelitian: Bagaimana pengaruh Insfratukur dan Tingkat Pendidikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Indonesia

    • Hipotesis

      • Infrastruktur dapat mempengaruhi IPM
      • Tingkat pendidikan dapat mempengaruhi IPM
    • Subjek Penelitian: Provinsi di Indonesia

    • Jumlah Observasi: Semua provinsi di Indonesia (lebih dari 30 observasi)

Apakah kamu sadar ada pola dalam menentukan jumlah observasi pada setiap penilitian diatas? Ya, kita menggunakan aturan praktis jumlah observasi dalam statistik yaitu 30 observasi. Kenapa kita menggunakan 30? Karena dalam statistik jika jumlah sampel kita diatas 30 maka dapat dikatakan data penelitian kita dapat mencerminkan keaadan yang sebenarnya.

Tapi hal ini tidak bisa kita gunakan pada semua jenis penelitian untuk menjaga keakuratan data yang kita teliti. Untuk mempelajari lebih lanjut menentukan jumlah observasi/sampel dapat mengunjungi artikel berikut ini.

Setelah kita menentukan hipotesis penelitian, subjek penelitian dan jumlah observasi data. Maka selanjutnya kita akan menentukan sumber data penelitian.

Pemilihan Sumber Data Penelitian

Pemilihan sumber data yang tepat akan berdampak pada keberhasilan penelitian. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pemilihan sumber data, seperti tujuan penelitian, karakteristik responden, waktu, dan biaya. Oleh karena itu, sebelum memulai penelitian, anda harus memperhitungkan faktor-faktor tersebut agar dapat memilih sumber data yang sesuai dengan kebutuhan penelitian.

Sumber Data Penelitian

sumber data penelitian

Sumber data dalam penelitian merupakan salah satu elemen penting untuk mendapatkan keakuratan hasil penelitian. Anda harus memilih sumber data yang tepat untuk menjawab pertanyaan penelitian anda.

Berikut adalah beberapa sumber data yang dapat digunakan dalam penelitian:

  1. Data primer adalah Data yang dikumpulkan langsung oleh peneliti melalui teknik pengumpulan data, seperti observasi, wawancara, atau survei. Data ini lebih spesifik dan relevan untuk pertanyaan penelitian, karena dikumpulkan spesifik untuk menjawab pertanyaan penelitian.
  2. Data sekunder adalah Data yang sudah ada dan dikumpulkan oleh pihak lain, seperti lembaga pemerintah, organisasi, atau perusahaan. Kelebihan dari penggunaan data sekunder adalah mudahnya akses dan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan pengumpulan data primer.
  3. Data internal adalah Data yang dikumpulkan oleh organisasi atau perusahaan, seperti data keuangan, data penjualan, atau data kinerja karyawan. Data ini dapat digunakan untuk melakukan analisis dan evaluasi dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Panduan Pemilihan Sumber Data

Jika anda masih bingung sumber data apa yang akan anda gunakan, berikut ini panduannya

  • Apakah subjek penelitian anda memiliki publikasi data?

    • Iya, Maka anda bisa menggunakan data sekunder, karena umumnya data tersebut sudah di publikasi. Contoh lembaga yang menyediakan data daerah adalah BPS, sedangkan untuk perusahaan publik bisa didapatkan di BEI
    • Tidak, umumnya jika subjek penelitian anda spesifik atau cakupannya kecil, maka sulit untuk mendapatkan data pada publikasi. Jadi anda harus mengumpulkan data sendiri (data primer). Berikut mempelajari teknik pengumpulan data primer

Pada dasarnya jika subjek data penelitian anda memiliki publikasi data, anda dapat menggunakan data sekunder karena dapat menghemat waktu, biaya, dan tenaga. Selain itu data publikasi juga sudah dijamin ke akuratannya, sehingga anda tidak perlu mengulangi pengumpulan datanya.

Dari panduan diatas kita dapat mengaplikasikan pada contoh penelitian diatas.

  1. Tujuan Penelitian: Faktor-faktor yang mempengarui harga saham Tahun 2020-2022

    • Sumber Data: Data Sekunder (BEI)
  2. Tujuan Penelitian: Bagaimana cara meningkatkan pemahaman siswa paud dalam belajar

    • Sumber Data: Data Primer
  3. Tujuan Penelitian: Bagaimana pengaruh Insfratukur dan Tingkat Pendidikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Indonesia

    • Sumber Data: Data Sekunder (BPS)

Tahapan Pengolahan Data

Setelah anda selesai menentukan sumber data penelitian anda maka tahap selanjutnya adalah merencanakan proses pengolahan data. Proses pengolahan data adalah salah satu tahapan penting dalam melakukan penelitian. Pada tahapan ini, data yang telah dikumpulkan akan diolah menjadi bentuk yang lebih mudah dipahami dan dianalisis.

Berikut ini adalah beberapa proses pengolahan data yang umum dilakukan dalam penelitian:

1. Pengumpulan Data Penelitian

Pada tahap ini, kita harus menentukan sumber data primer atau sekunder untuk menjawab tujuan penelitian kita. Jika anda memilih menggunakan data sekunder, maka cukup jelas langkah selanjutnya yaitu menyalin data publikasi ke dalam file excel anda.

Tapi jika anda menggunakan data primer, masih ada beberapa tahapan. Berikut ini untuk mempelajari cara pengumpulan data primer

2. Identifikasi Jenis Data Penelitian

Salah satu langkah penting dalam pengolahan data adalah identifikasi data berdasarkan jenis-jenis data yang anda miliki. Tujuannya adalah untuk dijadikan dasar dalam penentuan metode statistik yang akan di pakai dalam penelitian anda.

Dalam pengkategorian data, tipe-tipe data dibedakan menjadi empat yaitu tipe data berdasarkan waktu, berdasarkan level pengukuran dan berdasarkan kompleksitas. Berikut artikel untuk mempelajari jenis-jenis data

3. Analisis data

Setelah data dinyatakan bersih, tahap selanjutnya adalah menentukan metode analisis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode statistik yang sesuai dengan tujuan penelitian dan tipe datanya. Untuk menentukan metode statisik yang cocok untuk menjawab tujuan penelitian dan yang sesuai tipe data anda dapat dipelajari di artikel berikut ini.

Punya masalah analisis data? Konsultasikan Sekarang

Previous Article
Penjelasan Lengkap Uji Anova dan Contoh Penerapannya

Table Of Contents

1
Cara Medapatkan Data Penelitian
2
Contoh Penerapannya
3
Pemilihan Sumber Data Penelitian
4
Sumber Data Penelitian
5
Panduan Pemilihan Sumber Data
6
Tahapan Pengolahan Data

Related Posts

Hipotesis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif
May 02, 2023
2 min
ReStat © 2024, All Rights Reserved.