Metode AHP adalah suatu teknik analisa untuk mendukung pengambilan keputusan secara hierarki atau bertingkat. AHP sangat berperan dalam menentukan suatu keputusan-keputusan primary yang disinyalir paling mempengaruhi tujuan penelitian.
Analisa AHP untuk mengetahui snack yang paling laku di masyarakat dengan melihat dari merk snack, rasa, harga, serta tampilan, dari hasil survei terhadap masyarakat kota ‘X’ menggunakan teknik snowball misalnya, maka adanya analisa yang dibantu AHP akan prioritas utama masyarakat dalam membeli snack. Dengan demikian tentunya sangat membantu peneliti untuk menentukan dan juga memberikan saran kepada seller untuk meningkatkan kualitas snack dari jenis-jenis tertentu.
Untuk menganalisa dengan AHP, terdapat beberapa software yang dapat digunakan beberapa diantaranya seperti : SuperDecision, Expert Choice, atau bahkan software sederhana seperti excel dan spreadsheets. Semua pilihan tersebut tentu saja bergantung pada kegunaan dan ketepatan hasil yang ingin diperoleh, tentunya menggunakan software seperti SuperDecision dan ExpertChoice lebih mudah dibandingkan menggunakan excel yang artinya harus menyediakan rumus sendiri.
Langkah pertama membuat bagan antara lain: tujuan, kriteria, dan alternatif
Kedua mengisi goal, daftar kritetia dan daftar pilihan.
Goal: Pemelihan Kepala Desa
Kriteria:
Alternatif
\ klik make/show connections untuk menghubungkan antara tujuan, kritetia dan pilihan. Berikut adalah contoh bagan yang sudah terbentuk
Langkah selanjutnya ialah memberikan penilaian berdasarkan keputusan yang diberikan oleh responden. Untuk mendapatkan nilai tertinggi bisa menjumlah semua nilai dari setiap kriteria
Bagian terpenting dalam analisis AHP adalah menghitung nilai total dari setiap alternatif, sehingga alternatif dengan nilai tertinggi dapat dipilih sebagai solusi terbaik.
Punya masalah analisis data? Konsultasikan Sekarang